Tiga Hal yang Wajib Anda Lakukan di Taman Buah Mekarsari

Buat Anda yang belum mengetahui Taman Buah Mekarsari, tempat ini adalah pusat budi daya pelestarian buah tropika, dan diklaim sebagai yang terbesar di dunia. (Sumber dari sini). Lokasinya ada di Cileungsi, Kabupaten Bogor. Untuk mencapai tempat tersebut, Anda dapat dengan mudah menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Jalan menuju ke sana sangat mulus. Dengan mengendarai kendaraan pribadi dari Jakarta, Anda dapat menggunakan jalan Tol Jagorawi, lalu exit Cikeas/Cibubur/Cileungsi. Sekitar 6 km dari exit tol atau 10 menit, Anda sudah sampai. Sebagai warga negara Indonesia, paling tidak Anda harus tahu keberadaannya, ya.

Nah, tanggal 20 Juli 2015 atau hari lebaran ketiga tahun 2015 ini, saya dan isteri menyempatkan diri ke sana. Menurut kami, ada tiga hal yang wajib Anda lakukan di tempat tersebut. Ini dia!

1. Berkeliling taman dengan kereta. Melihat pohon-pohon buah seperti melon, mangga, kemang, belimbing, bintaro, jambu air, jambu mete, dan buah-buah tropis lainnya tentu mengasyikkan kalau kita naik kendaraan. Apalagi cuaca pada bulan Juli ini cenderung panas. Nah, Pengelola Taman Buah Mekarsari menyediakan kereta untuk membantu Anda melihat pohon-pohon buah menyusuri jalan-jalan utama aspal yang membentuk daun-daun. Tarif Rp15 ribu per orang dipatok untuk menaiki kereta ini. Kereta ini akan mengantar Anda dari gerbang depan sampai Danau Mekarsari.

2. Piknik. Menggelar tikar di atas rumput hijau dengan pemandangan danau sambil makan nasi dan lauk pauk adalah hal yang paling mantab Anda lakukan bersama orang-orang terkasih. Buat Anda yang mau datang ke sini berombongan, Anda bisa siapkan makanan atau bekal dari rumah dan makan di taman. Tapi tidak usah khawatir kalau Anda tidak sempat siapkan makanan. Ada beberapa warung yang menyajikan makanan yang enak seperti nasi pecel, nasi goreng, bakso, siomay, dan lain-lain. Anda juga tidak perlu takut kehausan karena ada pula yang menjual minuman ringan maupun air minum dalam kemasan.

3. Memetik buah sendiri.  Kegiatan ini sangat menarik, terutama bagi Anda yang seumur hidup belum pernah sama sekali memetik buah sendiri. Saat kami datang, ada tiga buah yang bisa dipetik karena sedang panen. Ketiga buah itu adalah melon, salak, dan belimbing. Biaya yang harus Anda siapkan adalah Rp 55 ribu per orang. Buah yang telah dipetik dan dibawa pulang harus anda ‘tebus’ dengan uang per kilo. Karena kami tidak melakukannya saat berkunjung ke sana, – maklum, kami sudah sering petik buah- kami tidak tahu persis apakah buah yang dipetik itu harganya sama dengan toko buah yang juga tersedia. Sebagai gantinya, kami berbelanja di toko buah di samping gedung informasi utama. Yang kami beli adalah melon golden (1 buah seharga 25rb), belimbing (5 buah seharga 16rb), dan 1 bungkus keripik apel seharga 15rb. Di dalam toko buah ini Anda bisa ngadem sebentar karena toko buah ini dilengkapi pendingin udara.

Nah, itu dia tiga hal yang wajib Anda lakukan di Taman Buah Mekarsari. Tunggu apa lagi? Oiya, pulang-pulang kami mendapati setiap mobil yang parkir ditempeli sticker Taman Buah Mekarsari. Hmmm… wah, ngiklan gratis ini Mekarsari, kata isteri saya. Huehehehe. Catatan: Saya baru mengetahui kalau nama Bintaro, Kemang, dan Menteng adalah nama buah-buahan. Sebelumnya saya hanya tahu kalau nama-nama tersebut adalah nama-nama tempat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s